Bakti Sosial Lintas Komunitas (BASKOM)

baskom bukber serta santunan anak jalanan

Poster Kegiatan Bakti Sosial Lintas Komunitas

Puluhan orang yang berasal dari berbagai komunitas berkumpul untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial pada hari Minggu sore, 5 Juli 2015 di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya, Tebet, Jakarta Selatan. Kegiatan yang bertajuk Bakti Sosial Lintas Komunitas (BASKOM) ini mengambil tema Berkah Ramadhan Nikmati Kemenangan dan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pembacaan Al-Quran, ceramah agama, aneka permainan dan buka puasa bersama.

Peserta kegiatan adalah para remaja binaan Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya dan anak-anak asuh dari Street Kids Ministry Kolong Tomang. Kegiatan bakti sosial ini melibatkan belasan komunitas yang ada di wilayah Jabodetabek untuk bersama-sama berbagi keceriaan Ramadhan dengan para peserta kegiatan. Komunitas-komunitas tersebut antara lain Backpacker Indonesia Regional Jabodetabek, BPI`s (11), Backpacker Jakarta, Jalan Pendaki, Komunitas Fotografi Independent, Komunitas Teman Kecil Indonesia, Couchsurfing Indonesia, Satunafas Freedive, Bookpacker Indonesia, Pendaki Hijabers, Pendaki Cantik, Pemuda Pecinta Alam dan Backpacker Indonesia sub Regional Tangerang.

BASKOM-050715 (11)

Peserta kegiatan yang berasal dari berbagai komunitas sedang melakukan registrasi

BASKOM-050715 (24)

Peserta kegiatan dari Street Kids Ministry Kolong Tomang tiba di lokasi kegiatan

BASKOM-050715 (38)

Duo MC berhasil menghidupkan suasana acara

BASKOM-050715 (85)

Penyerahan santunan dari BASKOM kepada Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya dan Street Kids Ministry Kolong Tomang

BASKOM-050715 (129)

Peserta sangat antusias mengikuti aneka permainan

Sulham, ketua pelaksana kegiatan BASKOM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan BASKOM dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk mencapai keikhlasan dalam berbagi. Berangkat dari pengalaman pribadi, Sulham mengajak semua hadirin untuk senantiasa ikhlas bersedekah. “Ketika kita merasa kurang maka kita harus bersedekah, semakin merasa kurang maka sedekah harus semakin ditingkatkan” Ujarnya. “Harta atau apapun yang kita sedekahkan itu dijamin oleh Allah SWT akan kembali berlipat-lipat walau tidak selalu dalam bentuk materi. Namun bisa berupa kesehatan, teman yang baik, jiwa yang tenang hingga lingkungan kerja maupun tempat tinggal yang kondusif” lanjut Sulham kemudian.

BASKOM-050715 (63) copy copy

Ketua Pelaksana, Sulham, sedang memberikan sambutan

BASKOM adalah sebuah kegiatan bakti sosial yang mengusung konsep kolaborasi antar komunitas. Kolaborasi berupa ide, kepanitiaan, hingga penggalangan dana mampu melahirkan sinergisitas yang berdampak pada keberhasilan menyelenggarakan suatu kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan BASKOM di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya kali ini merupakan kegiatan yang kedua setelah sebelumnya sukses dengan kegiatan donor darah yang berlangsung pada bulan Mei 2015.

BASKOM-050715 (147)

Persiapan buka puasa bersama

BASKOM-050715 (151)

Panitia sibuk membagikan makanan buka puasa

BASKOM-050715 (152)

Logistik buka puasa bersama BASKOM

BASKOM-050715 (157)

Suasana riuh buka puasa bersama BASKOM

BASKOM-050715 (146)

Buka puasa bersama BASKOM

Usai buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah, kegiatan hari itu pun ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia kegiatan BASKOM. Diharapkan akan semakin banyak kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan oleh BASKOM sehingga dapat menjadi wadah bagi banyak komunitas untuk berkolaborasi melakukan aksi nyata kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan. (BKL)

Iklan

2 thoughts on “Bakti Sosial Lintas Komunitas (BASKOM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s