Cara Menjadi Blogger Milyuner

Reportase untuk Blogger Reporter Indonesia (BRID)

11043351_985555628130999_8558966647283927511_oSisi positif dari keberadaan internet yang kian lekat dengan kehidupan manusia adalah semakin mudahnya manusia untuk memperoleh banyak informasi, informasi yang didapat kerap kali menjadi bahan pertimbangan seseorang dalam memutuskan pilihan produk yang hendak dibeli. Data sebuah survey internal yang dilakukan oleh Daihatsu Indonesia menyebutkan bahwa pada tahun 2014, 36% calon pembeli mobil mencari informasi tentang mobil yang mereka inginkan melalui internet. Angka ini meningkat setelah sebelumnya yaitu pada tahun 2013 hanya 25% calon pembeli mobil yang mencari informasi melalui internet.

Uniknya, banyak calon pembeli yang sedang mencari informasi tentang suatu produk melalui internet, justru tidak mencari informasi dari situs resmi produk tersebut. 72% dari mereka lebih sering mencari informasi dengan membaca berbagai ulasan atau testimoni produk yang sedang mereka incar dari media sosial maupun dari personal blog.

Fakta itu diungkapkan Eko Priyanto, Promotion Departemen Head PT. Astra Daihatsu Motor dalam Seminar Blogger yang berlangsung pada Jumat (20/3) di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara. Lebih jauh Eko mengatakan bahwa kenyataan tersebut merupakan peluang dan tantangan bagi para blogger untuk bisa turut menginformasikan segala hal tentang suatu produk. Informasi yang diharapkan tentu saja adalah informasi yang baik dan benar, bukan informasi yang menyesatkan.

DSC05445 copy

Departemen Head PT. Astra Daihatsu Motor Eko Priyanto Memberikan Presentasi

Peluang dan tantangan itulah yang kemudian melatar belakangi Daihatsu Indonesia meluncurkan sebuah Daihatsu Blog Channel yang dinamankan kokgituya.com. Situs yang dibuat sebagai blog agregator ini menampilkan konsep fun, friendly dan complete dimana setiap anggotanya bisa berbagi tulisan dan membaca berbagai artikel yang menarik, unik, terbaru dan tentu saja menghibur. Melalui blog agregator ini, anggota dapat mempromosikan tulisan pada personal blognya masing-masing sehingga akan berdampak baik pada trafik pengunjung blog.

Cara Menjadi Blogger Milyuner
Seminar yang berlangsung ditengah hiruk pikuk keramaian mall ini dihadiri oleh para peserta yang sebagai besar adalah blogger. Selain Eko Priyanto, seminar yang berjudul Mau Tau Cara Menjadi Blogger Milioner tersebut juga menghadirkan Ignatius Untung, VP Marketing Kaskus dan Amelia Masniari, seorang Penulis yang juga merupakan traveller dan fashion consultant sebagai pembicara.

Amelia Masniari atau yang lebih dikenal dengan Miss Jinjing bercerita tentang perjalanan dia selama aktif menjadi seorang blogger. Amelia mengatakan bahwa blognya yang beralamat di belanja-sampai-mati.blogspot.com adalah blog Indonesia pertama yang dibayar melalui iklan sebuah produk. Melalui blog tersebut, Amelia telah banyak mendapatkan tawaran kerjasama yang sangat menguntungkan. Untuk itulah Amelia mengajak kepada para blogger agar selalu fokus dan tidak pernah menyerah dalam kegiatan blogging, “Kalau fokus rejeki tidak akan putus” ujar Amelia kepada para peserta seminar.

DSC05478 copy copy

Amelia “Miss Jinjing” Masniari Memotivasi Para Peserta Seminar Agar Giat Menulis

Lebih lanjut Amelia menerangkan bahwa hal paling susah dari ngeblog adalah menjaga pembaca agar tetap membaca blog kita. Untuk itulah seorang blogger harus rajin menulis dan menemukan ide-ide baru sebagai bahan tulisannya. Selain itu, Amelia juga mengingatkan kepada para peserta agar menulis dengan tulus dari hati, tidak rumit dan memperbanyak interaksi di dunia maya serta mengabaikan setiap cercaan yang datang.

Sementara itu, dalam presentasinya Ignatius Untung menyampaikan bahwa saat menulis untuk blog, seorang blogger harus mengenal karakter pembacanya. Blogger harus menciptakan spesialisasi tulisannya dan membangun brand yang unik. Karena menurut Untung orang yang bisa menulis bagus itu banyak, tetapi yang bisa sukses melalui tulisan itu jarang. Kesuksesan sebagai penulis bisa dibangun melalui brand yang terbentuk, oleh karena itu brand yang kita miliki haruslah unik, relevan dan konsisten.

Untung menambahkan bahwa dalam membangun brand seorang blogger juga perlu membuat trigger yang diulang terus menerus, hal ini perlu dilakukan agar orang selalu ingat pada brand yang kita bangun. “Jika saya bilang ‘wani piro?’ atau ‘kulit manggis kini ada ekstraknya’ kalian pasti langsung tau itu iklannya siapa?” demikian Untung menjelaskan.

DSC05491 copy copy

Ignatius Untung Mengajak Blogger Untuk Membentuk Brand Yang Unik

Sebagai penutup Untung memberikan pesan agar blogger sebaiknya membuat tulisan yang bisa diakses dan mudah dimengerti oleh pembaca. Tulisan yang disajikan pun haruslah bersumber dari ketulusan hati, bukan akan dasar paksaan.

“karena sesuatu yang bersumber dari hati biasanya bagus” ucap Untung mengakhiri presentasinya. (BKL)

Iklan

6 thoughts on “Cara Menjadi Blogger Milyuner

  1. Selalu suka baca tulisan Mas Adi, reportase habis. Salut benar-benar diseruisn nulis liputannya, moga ke depannya ada kesempatan tulisan tulisan Mas Adi menjadi branding unik Mas Adi sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s