Ketika Guru Go-Blog Berkumpul

Reportase untuk Blogger Reporter Indonesia (BRID)

DSC05420 copyJika saja Andrea Hirata tidak menuliskan tentang Ibu Muslimah dalam bukunya yang berjudul Laskar Pelangi, tentu hingga sekarang kita tidak akan mengenal sosok guru bersahaja dari Belitong tersebut. Tanpa disadari, tulisan Andrea Hirata yang melibatkan Ibu Muslimah dalam novelnya turut memperkenalkan sang guru kepada dunia. Puncaknya adalah ketika Ibu Muslimah mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pendidikan yang diberikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Peringatan Hari Guru Nasional akhir tahun 2008 silam.

Guru yang baik akan meninggalkan kesan yang baik bagi para muridnya, kesan yang baik akan tersimpan lama dalam ingatan sang murid. Seperti yang dilakukan Andrea Hirata, beberapa murid mungkin akan menuliskan kisah hidup di sekolah yang pernah mereka lalui bersama sang guru dalam bentuk tulisan di Blog pribadi ataupun buku. Maka untuk bisa menjadi guru yang baik dan kekal dalam kenangan, bersikaplah professional serta  tanamkan nilai-nilai baik kepada para murid.

Pesan itulah yang coba disampaikan Dedi Dwitagama dalam presentasinya yang berjudul  “Nikmatnya Jadi Guru Blogger” pada kegiatan Kopdar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat yang berlangsung hari Minggu (15/3) di Gedung Indosat, Jalan Medan Merdeka Barat No. 21, Jakarta. Kegiatan Kopdar yang sekaligus peringatan 1 tahun terbentuknya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) ini dihadiri oleh kurang lebih 350 orang yang sebagian besar berprofesi sebagai guru. Bersama Dedi, turut  berbicara pula dua orang guru lainnya yaitu Amiroh Adnan, Guru dari SMKN 3 Jombang  dan Mokhamad Subakri, seorang guru dari SDN 01 Jambekumbu, Lumajang, Jawa Timur.

Dedi Dwitagama adalah seorang guru yang aktif menulis pada blog pribadinya dedidwitagama.wordpress.com. Melalui blog tersebut, Dedi berhasil meraih penghargaan E-Learning Award 2008 dari Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Lebih lanjut Dedi mengatakan bahwa di era multimedia seperti sekarang ini, seorang guru harus mampu beradaptasi dengan kecanggihan teknologi. Teknologi diyakini mampu menjadi sarana penunjang bagi guru untuk mempermudah proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penyesuaian guru terhadap proses dan metode pengajaran seharusnya diiringan dengan penyesuaian seorang guru terhadap perkembangan dunia teknologi dan digital.

Salah satu media teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh seorang guru adalah Blog, melalui blog seorang guru dapat menuliskan banyak hal terutama yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar. Melalui blog seorang guru juga bisa mengembangkan materi pelajaran secara lebih lengkap dan dalam yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan di kelas karena keterbatasan waktu.

Manfaat lain yang bisa diperoleh seorang guru dari kegiatan blogging adalah mampu menjadi penulis yang lebih baik, melalui kegiatan blogging seorang guru dapat mengkomunikasikan keilmuannya secara lebih luas kepada pembaca yang mungkin sangat membutuhkan pengetahuan tersebut. Seorang guru yang melakukan kegiatan blogging juga akan menjadi seorang pembelajar. Guru Blogger haruslah rajin membaca untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik, untuk itulah kegiatan membaca blog orang lain sangatlah penting.

Dedi menambahkan bahwa kegiatan blogging juga bisa memperbanyak relasi, meningkatkan memori, memacu  kreatifitas, menghasilkan uang dan yang terpenting adalah melalui kegiatan blogging seorang guru bisa mengabarkan banyak sekali kebaikan.

Senada dengan Dedi, Amiroh Adnan yang pernah mendapatkan penghargaan Acer Guru Era Baru (Guraru) tahun 2010 atas dedikasinya dalam memaksimalkan peran media sosial sebagai penunjang kegiatan belajar dan mengajar, menjelaskan bahwa kegiatan blogging bukan hanya sekedar untuk posting dan online diary. Lebih dari itu, kegiatan blogging dapat juga dijadikan media untuk bertemu banyak orang, menginspirasi sesama dan merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Menurut Amiroh yang aktif menulis di amiroh.web.id, kegiatan blogging bisa membuat orang yang melakukannya menjadi pemikir yang baik. Amiroh menambahkan bahwa dalam kegiatan blogging hendaknya kita ikhlas menulis dan ikhlas berbagi, karena dengan ikhlas tersebut, pembaca akan datang dan dengan ikhlas membaca tulisan kita.

Pembicara lainnya yang penuh inspirasi pada hari itu adalah Mokhamad Subakri. Lewat tangan dinginnya dia telah berhasil membimbing siswa didiknya untuk meraih prestasi pada lebih dari 40 ajang kejuaraan selama periode tahun 2007 hingga tahun 2014. Subakri pun mengisnpirasi lewat berbagai artikel menarik di blognya ayomendidik.wordpress.com.

DSC05426 copy

Suasana Kopdar Yang Dihadiri Oleh Ratusan Peserta

Selfie Journalism dan Kekhawatiran Seorang Onno W. Purbo
Setelah istirahat siang, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang tidak kalah menarik dari dua orang pembicara inspiratif, yaitu Imam Suwandi dan Onno W. Purbo. Imam Suwandi adalah seorang News Produser Metro TV yang pada hari itu memperkenalkan metode liputan unik, dia menamakannya dengan Selfie Journalism. Selfie Journalism adalah pengembangan dari citizen journalism yang memiliki format reportase sederhana. Dengan Selfie Journalism, seorang reporter diyakini dapat lebih cepat melakukan sebuah reportase serta sangat mudah karena cukup dengan memanfaatkan alat sederhana yaitu monopod (tongsis).

Sebagai pamungkas pada acara hari itu, Onno W. Purbo yang dikenal sebagai pakar IT memberikan banyak inspirasi seputar dunia mengajar khususnya pengajaran jarak jauh (e-learning). Onno mengatakan bahwa untuk membuat pintar suatu bangsa bukanlah dengan membuat pintar murid-muridnya, tetapi buatlah pintar gurunya. Dalam paparannya Onno pun menyoroti sifat konsumtif bangsa yang kelak akan menjadi ancaman serius bagi kehidupan ekonomi bangsa. Sifat konsumtif yang kerap dilakukan anak bangsa akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang terjajah secara ekonomi.

DSC05435 copy

Foto Bersama Para Pembicara dan Pendukung Acara

Disela-sela acara, Ghina Aliya dari Indosat berkesempatan untuk memperkenalkan Forum ICITY yang merupakan forum berbasis solusi komunitas pertama di Indonesia. Forum ICITY adalah Online Support Community yang didayai oleh komunitas pengguna Indosat. Dalam aktifitasnya, Forum ICITY menawarkan solusi, bantuan dan informasi yang berupa tips, trik, ataupun testimoni seputar banyak hal seperti gadget, minat serta aktivitas komunitas dan tentu saja layanan Indosat. Saat ini sudah ada 20.000 lebih member yang bergabung di Forum ICITY dengan 2.300 lebih solusi diskusi yg dihasilkan. (BKL)

4 thoughts on “Ketika Guru Go-Blog Berkumpul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s