Mengenal Personal Branding di Kopdar #SundaySharing13

Seluruh foto yang digunakan pada tulisan ini adalah milik BLOGDETIK   

d1ef7d5ba9fa33c0daa68502cabcbc31_eposter-sunday-sharing-13


Menemukan personal branding bagi seorang penggiat media sosial ibarat menemukan jati diri dalam kehidupan nyata. Seperti layaknya seseorang yang mencari jati diri, menemukan atau membangun personal branding pun tidaklah mudah, perlu proses, upaya dan strategi yang tokcer agar personal branding kita terbentuk dengan baik.

Apa itu personal branding? Seorang penggiat media sosial yang memiliki nickname Pejantan Tangguh mengartikan personal branding sebagai suatu upaya pencitraan terhadap diri seseorang yang dibangun oleh orang yang bersangkutan dan diapresiasi oleh orang sekitarnya. Dalam bahasa yang sederhana Personal Branding dapat diartikan sebagai “Nama Baik”.

Saat ini, saat dunia dapat terkoneksi hanya dengan sekali click, rasanya lumrah jika seseorang memiliki satu atau lebih identitas pada berbagai medial sosial yang ada. Dahaga akan informasi dan interaksi terkadang menjadi alasan utama seseorang mengakses media sosial. Disadari atau tidak media sosial seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram bahkan Blog, telah menjadi sebuah kebutuhan bagi kita dalam menjalani keseharian.

Dunia media sosial yang begitu komplek menjadi alasan utama mengapa personal branding dibutuhkan, ingin jadi siapa kita di media sosial? atau ingin sebagai apa orang mengenal kita di media sosial? Sebagai traveller kah? blogger kah? pecinta kuliner kah? atau bisa jadi kita ingin dikenal sebagai pecinta dunia mistis? Bisa. Semua personal branding tersebut bisa kita bentuk asalkan kita fokus dan konsisten.

Pembahasan personal branding ini mengemuka dalam ajang kopi darat #SundaySharing13 yang diadakan oleh BlogDetik pada hari Minggu, 18 Januari 2015 di Meeting Room Detikcom, Gd. Aldevco Octagon Lt. 2 Jl. Warung Buncit Raya No. 75, Jakarta Selatan. Pukul 11.00 WIB acara dibuka dengan pembacaan puisi berjudul “Peradaban Sebentar Lagi Batu karya Andi Maulana oleh Komunitas @Pedascabe. #SundaySharing13 mengambil tema “Konsisten Dengan Personal Branding dan Dari Ngetwit Bisa Dapet Duit” yang menghadirkan Mas Ade dari @KisahHorror sebagai narasumber utama, Ade adalah seorang blogger dengan genre horror yang telah sukses menjadi buzzer dari banyak brand (produk) dan juga telah berhasil menulis beberapa buah buku dengan genre yang sama.

10801728_10152485409641853_3856818165465304630_n

Pembacaan puisi oleh Komunitas @Pedascabe menjadi pembuka #SundaySharing13

10922612_10152485410116853_6678075465426724082_n

Suasana kegiatan #SundaySharing13

Dalam sharing-nya, Ade mengatakan bahwa kunci utama membentuk personal branding adalah menemukan passion, selanjutnya kita harus konsisten dan fokus untuk mengembangkan passion atau membentuk personal branding yang telah dipilih. Salah satu contohnya adalah dengan memilih-milih tawaran kerjasama yang datang kepada kita, saat personal branding kita telah terbentuk dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, maka berbagai tawaran kerjasama akan datang kepada kita. Itu sebabnya diperlukan kejelian untuk memilih tawaran kerjasama yang sesuai dengan personal branding yang kita bangun. Misalnya jika personal branding kita adalah sebagai pecinta kuliner, maka tidak sesuai rasanya jika kita mengiklankan (buzzer) produk-produk peninggi badan atau sabun khusus kewanitaan. Contoh lainnya adalah jika orang mengenal kita sebagai pecinta horor, selalu ngetweet tentang horor, ngeblog tentang horor, atau unggah foto-foto horor, maka alangkah lucunya jika suatu saat kita ngetweet atau ngeblog tentang sebuah produk lingerie. Bisa sih, tapi tidak sesuai.

Pada kesempatan itu, Ade juga mengatakan bahwa untuk membangun personal branding yang baik, sebaiknya kita tidak sering berkeluh kesah di media sosial. “Curhat boleh, tapi yang universal. Misalnya tentang pengalaman kita menggunakan suatu brand, bukan yg galau-galauan” demikian tuturnya. Lebih lanjut Ade bercerita tentang manfaat dari terbentuknya personal branding yang baik, kini sudah banyak produk (terutama yang bergenre horor) yang tertarik untuk bekerjasama dengannya. Selain itu, pengetahuan orang pada dirinya yang identik dengan dunia horor memudahkan Ade untuk menulis buku dan memasarkannya.

Poin penting terakhir yang Ade sampaikan adalah keharusan kita untuk berinteraksi dengan followers, interaksi dengan followers akan mampu membantu kita untuk menaikkan jumlah followers. Naik atau banyaknya jumlah followers akan berdampak baik bagi personal branding yang kita bentuk, selain menjadi banyak teman, jumlah followers yang banyak tentu saja akan menambah nilai tawar kita terhadap berbagai tawaran kerjasama yang datang.

Diawal acara, sebelum Ade memberikan materi seputar personal branding, Kartika Putri Mentari (@PutriKPM) yang merupakan seorang praktisi media sosial turut membagi pengetahuannya seputar personal branding. Khususnya personal branding di media sosial Twitter. Wanita yang biasa disapa Putri ini menuturkan betapa konsistensi sangat dibutuhkan dalam upaya pembangunan personal branding. Personal branding yang terlalu `gado-gado` akan membuat orang atau brand kebingungan mengidentifikasi kita sebagai siapa, sehingga mereka pun akan ragu untuk follow atau mengajak kita bekerjasama.

Selain konsistensi, lebih jauh Putri menjelaskan bahwa konten dan ide yang original pun sangat dibutuhkan untuk membentuk personal branding. Menjiplak tulisan atau ide orang lain adalah sesuatu yang harus dihindari. Membangun personal branding juga membutuhkan networking yang kuat, berkomunitas menjadi salah satu cara yang efektif untuk membangun networking. Dengan aktif didalam sebuah komunitas, kita jadi bisa mengenal banyak orang dan mendapatkan banyak informasi atau peluang yang bisa kita kembangkan untuk sebuah keuntungan finansial.

1625680_10152485416921853_1977702771609963563_n

Foto bersama pembicara dan peserta #SundaySharing13 =)

-Budakkulon-

Iklan

6 thoughts on “Mengenal Personal Branding di Kopdar #SundaySharing13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s